Home » » 5 Software Desain Web Gratis Terbaik

5 Software Desain Web Gratis Terbaik

Written By Freshly Michelangelo on Selasa, 14 Mei 2013 | Selasa, Mei 14, 2013

Ada 5 software desain web gratis yang akan saya bagikan ke teman-teman sekalian.

Jika Anda merasa masih belum puas menggunakan CoffeeCup Free HTML Editor, Notepad++, PageBreeze, Firebug, atau GIMP, maka diharapkan 5 software berikut ini dapat memenuhi dahaga pembelajaran Anda akan software desain web yang mumpuni untuk segala kebutuhan.

Kelima software ini masih bersifat gratis sehingga tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun, terutama bagi Anda yang baru ingin mendalami dunia desain web. Berikut review singkatnya. 

1. Bluefish Editor 
Bluefish adalah editor bagi programmer, yang juga menyertakan banyak sekali perangkat dan opsi terkait pembuatan situs web. Mulai dari fitur mengedit yang umum seperti syntax highlighting yang mendukung ASP.NET, CSS, HTML, JavaScript, PHP dan banyak lagi, melipat kode, pencarian dan penggantian kode, penyelesaian otomatis, dan masih banyak lagi. Program ini juga mendukung template dokumen, memiliki wizard untuk menambahkan CSS, formulir, tabel, objek video dan audio, mengedit tag dengan cepat, melihat dokumen yang sedang dikerjakan, dan masih banyak lagi fitur yang tersedia baik untuk programmer maupun desainer web yang ingin banyak belajar. Anda dapat mengakses situs ini di sini.

2. Brackets
Brackets adalah editor kode yang berbasis HTML, CSS, dan JavaScript yang dikembangkan oleh Adobe dan bersifat open source yang berarti bisa dikembangkan dan dimodifikasi secara bersama oleh komunitas penggunanya. Jika Anda mengklik tag HTML dan menekan tombol ctrl+E misalnya, Anda akan langsung melihat kotak Quick Edit dengan aturan CSS yang terkait, sehingga Anda tinggal memilih yang dibutuhkan dan langsung mengeditnya saat itu juga. Mengedit kode JavaScript juga sama mudahnya, dan fitur Live Preview membuat Anda tidak perlu memuat ulang browser Anda setiap beberapa waktu untuk melihat perubahannya, karena semua perubahan yang dilakukan akan langsung nampak pada saat itu juga. Selain itu, terdapat juga ekstensi yang jumlahnya terus bertambah sehingga Brackets akan semakin menarik digunakan di masa depan. Situs ini bisa diakses di sini.

3. KompoZer
Meskipun belum dikembangkan lagi dalam beberapa waktu terakhir, KompoZer masih merupakan pengedit web yang berguna bagi pemula. Program ini bekerja seperti pengolah kata yang sederhana sehingga Anda tidak perlu tahu soal HTML, CSS, skrip atau yang lainnya sebelum mulai menggunakan progam yang satu ini. Anda tinggal mengetikkan teks, memformatnya, dan mengklik berbagai tombol untuk menambahkan tautan, tabel, gambar, dan masih banyak lagi. Untuk pengguna yang lebih berpengalaman, KompoZer memiliki beberapa perangkat yang bisa membantuk seperti HTML editor. Program ini mulai menunjukkan umurnya karena dunia internet terus berkembang, jadi desainer web yang lebih berpengalaman mungkin akan lebih memilih program lain. Anda dapat mengakses KompoZer di sini.

4. OpenBEXI
Software desain web ini adalah HTML editor yang bersifat WYSIWYG yang memungkinkan Anda untuk membuat halaman hanya dengan melakukan drag and drop pada widget, mulai dari teks, tautan, gambar, hingga formulir, grafik, dan diagram alur, dan mengaturnya sesuai dengan kebutuhan. OpenBEXI juga memungkinkan pengaturan CSS atau skrip lainnya, dan klien FTP di dalamnya memungkinkan Anda mengunggah semuanya ketika selesai. Namun terdapat beberapa masalah seperti membuat objek yang ditambahkan di halaman agar dapat bekerja sesuai dengan kemauan. Antarmuka berbasis browser mungkin akan membingungkan, juga kebutuhannya untuk menggunakan server. Namun OpenBEXI tetap merupakan program yang berguna. Situs ini bisa diakses di sini.

5. BlueGriffon
BlueGriffon memiliki pendekatan WYSIWYG yang jelas dalam mengedit web, namun juga memiliki banyak fitur yang sangat berguna. Anda bisa menggunakannya untuk mengetik teks, memasukkan gambar, tabel, file audio, video, dan banyak lagi. Namun terdapat juga editor SVG, pembuat formulir, dukungan CSS, DOM, dan masih banyak lagi. Satu aspek yang menyebalkan dari program ini adalah beberapa opsi membutuhkan tambahan berbayar, yang berarti salah mengklik akan membawa Anda ke situs BlueGriffon untuk membelinya. Namun setelah terbiasa, Anda akan dengan cepat mempelajari opsi yang tersedia, dan secara keseluruhan BlueGriffon merupakan program yang mumpuni dan mudah digunakan. Situs ini bisa diakses di sini.

Share this article :
0 Komentar Blogger
Silahkan Berkomentar via Facebook
Silahkan Berkomentar via Blogger

0 komentar :

Posting Komentar

 
Support : Kaskus | Facebook | Twitter | Kompasiana
Copyright © 2013. freshly's blog - All Rights Reserved
Kunjungi saya di Google+
Proudly powered by Blogger