Home » » Tips Merawat Laptop

Tips Merawat Laptop

Written By Freshly Michelangelo on Jumat, 17 Mei 2013 | Jumat, Mei 17, 2013

Merawat laptop adalah hal penting yang harus kita lakukan agar laptop kita tetap sehat. Banyak hal yang dapat kita lakukan untuk merawat laptop, mulailah dari hal yang kecil atau sepele hingga hal yang memang harus kita lakukan untuk menjaga kesehatan laptop kita. Merawat laptop kesayangan Anda, berarti Anda juga sayang terhadap diri Anda sendiri, kenapa saya bilang begitu?

Coba bayangkan bila Anda seenaknya saja menggunakan laptop dan Anda tidak merawatnya dengan baik. Dalam waktu yang tidak lama, saya yakin laptop Anda akan bermasalah. Kalau laptop Anda sudah mulai bermasalah dan rewel, siapa yang susah, Anda juga bukan? Apalagi aktivitas Anda sehari-hari tidak bisa lepas dari perangkat ini, bisa sedikit repot bila hal tersebut terjadi. Nah, itu bila laptopnya baru sedikit bermasalah, tetapi bila tiba-tiba laptop Anda langsung "sakit berat", bukan sedikit repot saja, tapi Anda akan sangat repot dan terganggu dengan hal itu.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak Anda inginkan terjadi pada laptop Anda, berikut ada beberapa tips yang saya rasa wajib Anda perhatikan dan lakukan untuk merawat laptop Anda agar tetap sehat dan awet.
  1. Hati-hati mendownload software gratis dari internet. Download software dari internet misalnya antivirus itu justru berisiko virus bisa merusak laptop Anda jika Anda menggunakan software dari Internet. Namun, jika Anda tetap ingin menggunakan software hasil dari download Anda di internet, pastikan bahwa softwaretersebut sudah Anda scan dengan antivirus yang Anda miliki.
  2. Dalam keadaan menyala, jangan memberikan penutup apapun, termasuk sarung laptop.
    Usahakan agar harddisk Anda tidak mengalami benturan dan hindarkan LCD terpapar sinar matahari dan tekanan fisik.
  3. Jika Anda sedang minum teh atau kopi usahakan jangan sambil menggunakan laptop. Ya, kalau tidak jauhkan teh dan kopi Anda dari laptop. Karena bisa-bisa kalau Anda tidak berhati-hati teh atau kopi yang harusnya akan Anda minum malah diminum sama laptop Anda, dan pastinya itu akan merusak laptop Anda. Atau gunakan film-transparan (keyboard protector).
  4. Hindarkan laptop dari getaran, seperti alat pengeras suara (loudspeaker), mesin/kendaraan berat, dan sumber getaran lainnya.
  5. Hindarkan laptop dari sinar x-ray.
  6. Selalu jaga kebersihan laptop, lap dengan kain lembut dan bersih atau kapas agar bebas dari debu.
  7. Rapikanlah kabel-kabel adaptor atau kabel lain yang sedang terhubung ke laptop, jangan sampai membuat orang lain tersandung dan Anda pasti tahu apa yang selanjutnya akan terjadi jika hal tersebut terjadi.
  8. Gunakan modem yang mempunyai fitur digital-line guard. Karena fitur ini akan menjaga modem dari kerusakan jika secara tidak sengaja mencolokkan kabel modem ke jack telpon digital PABX atau jalur ISDN. Dan berhati-hatilah ketika akan mencolokkan kabel telepon ke laptop karena kawat logam dalam konektor modem laptop sangat tipis dan mudah bengkok.
  9. Jangan meletakkan benda berat di atas laptop.
  10. Ketika Anda akan mengangkat laptop yang sedang terbuka, jangan mengangkatnya sambil memegang pada bagian display, angkatlah pada bagian bawah/keyboard.
  11. Jika laptop Anda sudah mulai bermasalah, jangan mencoba untuk membongkar sendiri. Sebaiknya bawa ke teknisi atau service-center terdekat. Karena bila Anda tidak begitu paham dengan kerusakan laptop Anda, membuka sendiri justru akan menambah kerusakan laptop Anda. Dan untuk laptop yang masih dalam masa garansi, hal itu akan merusak sticker garansi (warranty seal) yang melekat pada laptop.
  12. Ketika Anda akan membawa laptop Anda bepergian, selalu gunakanlah tas laptop.
Share this article :
0 Komentar Blogger
Silahkan Berkomentar via Facebook
Silahkan Berkomentar via Blogger

0 komentar :

Posting Komentar

 
Support : Kaskus | Facebook | Twitter | Kompasiana
Copyright © 2013. freshly's blog - All Rights Reserved
Kunjungi saya di Google+
Proudly powered by Blogger