Home » » 8 Fakta tentang Kematian

8 Fakta tentang Kematian

Written By Freshly Michelangelo on Selasa, 14 Mei 2013 | Selasa, Mei 14, 2013

Kematian adalah akhir dari kehidupan, ketiadaan nyawa dalam organisme biologis. Semua makhluk hidup pada akhirnya akan mati secara permanen, baik karena penyebab alami seperti penyakit atau karena penyebab tidak alami seperti kecelakaan. Setelah kematian, tubuh makhluk hidup akan mengalami pembusukan.

 Berikut beberapa fakta unik mengenai kematian:

  1. Sebelum meninggal dunia, pendengaran adalah indera terakhir yang akan meninggalkan tubuh kita. Indera pertama yang akan ‘pergi’ ialah penglihatan, diikuti oleh rasa, bau dan sentuhan.
  2. Kepala manusia masih dalam keadaan sadar selama 15 hingga 20 detik setelah dipenggal!
  3. Mayat pada hari ini lebih lambat membusuk dibandingkan dulu karena banyak terdapat bahan pengawet di dalam makanan yang kita makan. Satu lagi fakta, mayat membusuk empat kali lebih cepat di dalam air dibandingkan yang dikubur di dalam tanah.
  4. Lebih 2,500 orang kidal mati setiap tahun akibat menggunakan barang yang dibuat untuk orang yang menggunakan tangan kanan.
  5. Saat Alexender The Great mati pada 323 sebelum Masehi, sebuah jalan khas telah dibuat dari Babylon ke Mesir untuk membawa mayatnya. Kalau ditaksir biaya pengurusan mayat Alexender itu dengan nilai mata uang pada hari ini, biayanyanya dianggarkan US$600 juta!
  6. Tidak lama sebelum Thomas Edison meninggal pada 1931, sahabatnya Henry Ford telah mengambil nafas terakhir beliau dan menyimpannya ke dalam sebuah botol.
  7. Pencipta seri TV Star Trek, Gene Roddenberry adalah manusia pertama yang abu mayatnya disemadikan di luar angkasa.
  8. Masyarakat Mesir purba menganggap kucing adalah hewan suci. Oleh karena itu mereka akan mencukur kepala mereka apabila kucing peliharaan mereka mati.
Penjelasan tentang poin 2: Kesadaran setelah dipenggal

Hal ini hingga sekarang masih menjadi pertentangan dikalangan ahli.
Berdasarkan pengamatan beberapa kisah diketahui bahwa otak manusia tetap aktif selama beberapa detik setelah kepala dipenggal. Pernah seorang ilmuwan dihukum penggal menggunakan guillotine (alat penggal) pada tahun 1700-an dan sebelum meninggal, dia mengatakan kepada asistennya untuk menonton dan bahwa ia akan berkedip sebanyak yang dia bisa. Asisten menghitung limabelas atau duapuluh berkedip setelah kepala terputus, berkedip pada interval sekitar satu detik. Namun beberapa dokter percaya bahwa hal tersebut merupakan refleksi otot.

Namun banyak kisah yang menunjukkan bahwa hal tersebut bukanlah sekedar refleksi otot.
Jean-Paul Marat, seorang politikus aktif selama revolusi Prancis dipenggal oleh seorang simpatisan Girondis yang bernama Charlotte Corday. Dia menampar pipi dari kepala yang terpenggal dan mengangkat kepala itu tinggi-tinggi. Saksi yang melihat mengaku pipi itu memerah dan wajahnya tampak marah! Hii...

Dalam kisah lain, pernah juga seorang terpidana dipenggal, bereaksi terhadap rangsangan. Korban mengarahkan matanya kepada pembicara selama 15 menit setelah dipenggal.
Pernah juga seorang doker memompa darah anjing yang hidup ke kepala seorang pemerkosa dan pembunuh bernama Menesclou yang telah dipenggal. Tiba-tiba bibirnya bergetar, kelopak mata bergerak2 dan kepala seakan2 hendak bicara. Meskipun tidak kedengaran suara apapun. Padahal, kepala itu sudah berumur 3 jam setelah dipenggal!!

Satu lagi kisah yang lebih mengerikan.
Pada tahun 1989, pernah seorang veteran angkatan darat AS yang ditempatkan di Korea dengan seorang temannya sedang naik taksi dan kecelakaan bertabrakan dengan truk. Dia terjepit di reruntuhan truk, dan temannya terpenggal, dan kepalanya tepat berada dihadapannya. (Muka bertemu muka). Mulutnya membuka dan menutup tidak kurang dari 2 kali. Ekspresi wajah yang pertamakali ditampilkan oleh wajah itu adalah shock, kebingungan, diikuti dengan ekspresi kesedihan. Matanya kemudian bergerak dari menatap saya, kemudian matanya bergerak melihat tubuh nya di sekitar, kemudian kembali menatap saya. Wajahnya penuh ekspresi ketika mata kami bertatapan langsung. Tak berapa lama, pandangan matanya mulai seperti kabur, dan aku kira diapun....mati!

sumber: kaskus
Share this article :
0 Komentar Blogger
Silahkan Berkomentar via Facebook
Silahkan Berkomentar via Blogger

0 komentar :

Posting Komentar

 
Support : Kaskus | Facebook | Twitter | Kompasiana
Copyright © 2013. freshly's blog - All Rights Reserved
Kunjungi saya di Google+
Proudly powered by Blogger